Monday, November 19, 2012

teman


Malam sudah larut. Tapi aku masih menikmati secangkir vanilla latte bersama sahabat-sahabatku.

Pertama, namanya Bima. Mahasiswa pertambangan ITB. Baru pulang dari Australia. Di sana dia jadi tukang cuci piring dan fotocopy. Hasilnya? Wet suit dan sertifikat diving dari Padi. Kedua, Suryo. Biasa dipanggil komandan. Mahasiswa kedokteran UNSOED. Maret besok wisuda. Wow! Ketiga, Ida Ayu. Mahasiswa teknologi pertanian UNS. Pernah perform di Cina, mewakili Indonesia. Keempat, Astarani. Mahasiswa komunikasi UNSOED. Aktifis kampus. Siapa sih yang gak kenal asta? Organisator canggih, boi! Dan masih banyak lagi, yang tidak ikut malam ini. Tapi mereka semua punya prestasi. Lantas, prestasi apa yang sudah kucapai? Hemmm.... *garuk2 kepala.

Kemudian terlintas beberapa tahun yang lalu, ketika aku pertama kali bertemu mereka di organisasi pecinta alam di SMA. Kami menyebutnya keanggotaan seumur hidup. Mungkin ini yang dimaksud oleh papi daduto dan sesepuh2 kami. Segimanapun kita nyari sendiri jalan hidup kita, suatu waktu kita bertemu kembali dan akan ada banyak cerita. Banyak pengalaman. Juga banyak motivasi buat lebih sukses lagi.

Buatku, mereka bukan hanya sebagai teman jalan2.. tapi lewat mereka, aku bisa berbagi mimpi. Bisa sedikit demi sedikit menjalani mimpi bersama. Dan aku bangga menyebut mereka saudaraku!

Aku tahu, tidak hanya mereka yang menjadi teman di hidupku. Masih ada banyak orang lagi. Aku pun bangga menyebut mereka temanku. Sabagaimanapun perlakuan mereka. Ada yang datang, menetap, lantas pergi begitu saja. Pernah juga aku yang memutuskan untuk pergi karena berbagai pertimbangan. Ada juga yang datang, kemudian pergi, tapi kembali lagi. Aku berusaha keras untuk tidak menyalahkan siapa2. Mungkin memang itu jalan hidupnya. Yang kuusahakan hanyalah berusaha selalu ada, untuk teman maupun saudaraku.

Beberapa tahun yang lalu, salah satu sahabatku pernah berkata ‘sahabat itu bukan tentang sejak kapan dia datang. Tapi saat dia datang dan tidak pernah pergi.’

Dan terima kasih, untuk kalian yang datang dan tidak pernah pergi.


selamat pagi, selamat beristirahat kawan.. :)


1 comment:

Unknown said...

Selalu hadir dan tidak pernah pergi. Meski mereka tetap menjalani hidupnya sendiri.